Memilih Ban Sepeda

Memilih Ban Sepeda

Riders, bersepeda setelah terkena hujan atau tanah yang berlumpur memang memerlukan teknik khusus. Selain itu juga perlengkapan sepeda yang wajib mendukung, salah satunya dalah pemilihan ban. Apabila salah dalam memilih ban dapat merugikan Riders sendiri.

Memilih ban dengan berbagai teknologi dan knobby (kembangan ataupun alur) wajib dilakukan Riders untuk mengatasi hal sersebut. Namun sebelum salah dalam memilih ban sepeda, alangkah baiknya Riders mengenal ban sepeda.

Pada dasarnya ban sepeda terbagi dalam dua karakter untuk pemasangannya yaitu ‘Clincher’ memanfaatkan rim atau velgdengan menggunakan ban berjenis wire atau kevlar. Sedangkan model lainnya adalah tubular, yang menggunakan bantuan lem khusus aga ban sepeda dapat terapasang pada rim.

Bagian ban sepeda bagian luar berbahan nylon. Meskipun bahan dasar seperti katun atau sutera telah digunakan, namun nylon dianggap mampun memenuhikebutuhan saat ban sepeda melalui jalan rusak sehingga mampu melindungi dan tetap fleksibel. Riders, ternyata nylon tersebut terangkai dalam anyaman, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan ban sepeda dan dilapisi oleh kart atau disebut ‘Tread’.

Gambar 3

Sedangkan aret ban memiliki berbagai karakter yang disesuaikan kebutuhan dan teknologi dari setiap produsen. Saat ini produsen sepeda telah menciptakan karet dengan kemampuan untuk melalui dua medan berbeda atau yang sering disebut ‘dual-compound’. Namun hal yang cukup berbeda pada kebutuhan ban sepeda road bike (jalan raya), antara ban depan maupun belakang memiliki perbedaan tread compounds. Bagian ban depan wajib memiliki traksi lebih besar dan belakang wajib rolling resistancelebih rendah.

Untuk urusan knobby, perbedaan terbesar adalah sepeda jalan raya dan Mountain bike. Khusus untuk sepeda jalan raya atau road bike sangat meminimkan knobby agar meminimkan rolling resistance. Sedangkan untuk sepeda gunung atau MTB, knobby pada sepeda sangat dibutuhkan dan disesuaikan kebutuhan medan yang dilalui maupun keadaaannya. Medan berbatu, tanah atau berlumpur pun juga membutuhkan knobby yang berbeda.

Gambar 2

Tujuan terpenting dari knobby sepeda gunung wajib memberikan traksi sempurna dalam melibas berbagai medan tersebut. Namun hal yang wajib diperhatikan adalah ukuran ban. Pada MTB ukuran dimulai dari 24″, 26″dan 29″, sedangkan ukuran 16″ hingga 20″ lebih digunakan untuk sepeda anak-anak. Untuk road bike,biasanya menggunakan ukuran 700C.  BMX biasanya menggunakan ban berukuran 20”. Namun seluruh ban tersebut masih terbagi berdasarkan ukuran lebar.

Selain itu, ban sepeda juga telah menggunakan tubless atau dengan kata lain telah menghilangkan ban dalam. Hal ini tentu menguntungkan bagi yang membutuhkan ringannya komponen ban sepeda. Namun, sebagian pesepeda masih tetap mempercayakan tekanan udara ban terjaga oleh ban dalam.

Selanjutnya setelah ban sepeda sesuai dengan kebutuhan, maka Riders jangan melupakan tekanan yang harus disesuaikan. Keterangan tekanan udara biasanya tertera pada dinding ban sepeda.

ban sepeda

Sumber: http://sepeda.sportku.com/berita/profile-modification/modification/14298-aman-memilih-ban-sepeda